Selasa, 22 Februari 2011

PCO bisa HAMIL kok .....

Beberapa bulan dari kehamilan pertamaku, aku rehat dulu (kata orang tua dulu katanya ga bole langsung isi). Tapi selama hampir 6 bulan aku belom isi lagi .. padahal mens semua lancar, akhinya aku sama suami ke dok buat cek up saat masa subur. Ini yg bikin aku kaget setegah mati ... waktu dok periksa usg trans V, dok bilang telur aku banyak tapi kecil2 seperti untaian mutiara, gak ada satu telur pun yg matang dan siap untuk di buahi. Saat itu dok bilang kalo aku kena PCO (Polycystic Ovary Syndrome) http://en.wikipedia.org/wiki/Polycystic_ovary_syndrome
Dimana sel telur kita yg harus nya at least ada 1 yg mateng .. disini kita malah gak ada yg mateng dan besar. Dok menyarankan aku untuk liat2 di internet arti istilag PCO ini,.... dan dok kasi aku obat FORBETES sebenernya obat untuk nurunin gula darah ...http://www.ivf.com/pcostreat.html di link ini ada penjelasan kenapa pasien PCO dikasi obat penurun gula.

Padahal aku mens ga pernah telat ... selalu lancar, dengan siklus 29-30 hari. Masa mens 3 hari.
Kenapa aku bisa PCO ya? Dok bilang ini bukan penyakit menular, bukan penyakit turunan juga, tapi ini penyakit memang bawaan dari tubuh kita sendiri bawaan sejak lahir. Hormon kurang bagus mungkin ..... tp memang badan aku gemuk .... susah banget buat kurusin soalnya dari kecil emang dah gemuk hehehehe .... dok bilang harus banyak olaraga ... iya aku ikutin walau kadang malesnya setegah mati ... tp tetep ga kurus2 deh perasaan ....

Sebelum kuretase kehamilan ke 2 setiap masa subur, lendir masa subur ku ga warna putih tapi coklat2 kecampur sama darah ... dan setiap habis ML keluar darah juga ... kata dok itu salah satu ciri2 nya pasien PCO. Tapi setelah kuret puji tuhan aku ga pernah ngalamin gitu lagi ....

PCO bisa hamil ..... itu yg harus aku terus ingatkan sama diri sendiri dan ke kalian yg juga PCO ... aku buktinya .. walaupun 2x gagal .... tapi bisa ..... kita gak mandul kok ^^




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar