Selasa, 22 Februari 2011

Kehamilan kedua ku .....

Tahun ke 3, bulan Agustus 2009 aku masih belom hamil juga ... obat yg dok kasi aku terus minum ... selama itu juga aku selalu kontrol ke dok setiap masa subur dan hasilnya selalu sama .. telur ku belom banyak berubah. Munkin aku pikir pengaruh stress juga yg setiap hari mikir kapan bisa punya anak .... sampe akhirnya give up ke dok buat cek up tiap bulan. Di bulan itu aku ada rencana untuk papsmear sama dok kingky, kebetulan memang waktu masa subur ... kita sama sekali ga planning make baby saat itu karena keperluan keluarga (ade aku mau nikah di singapore, kebayang kan repotnya dan kebetulan juga kita mau pake moment itu untuk cek up ke dokter ahli kandungan disana). Kaget banget waktu dok bilang ini ada telur yg mateng ... 18mm dan siap buat di buahi .... aduhhhh pusing aku setegah mati!!!!! Why now ????? Ketika tiket dan plans smua udah di buat. Dok kasi kita jadwal berhubungan supaya berhasil. Bener2 dilema .... 
Setelah konsultasi sama dok ... sama keluarga .. terutama sama suami, mereka semua bilang : KALO TUHAN BILANG BERHASIL HAMIL YA PASTI BERHASIL APAPUN ITU.  
Dan akhirnya kita coba malem itu juga dalam doa ... (walaupun aku sebenernya aku ragu2 setegah mati) lucunya malem itu aku ngambek juga karena suami tiba2 gak enak badan dan hampir gagal untuk ML (maappp ^^) malem itu .... but then .... we did it ..... ^^
Besok siang tiba2 panty aku basah ... waktu aku cek di wc ... ternyata keluar darah seger banget cuman sekali keluar tapi bikin kuatir .. waktu itu sih aku pikir .. kayanya gak mungkin berhasil hamil nih ... ini darah kayanya telor aku pecah karena gagal terbuahi ... (padahal itu artinya telor aku terbuahi) sempet ngomel sama suami karena aku kesel dia sakit jadi ga maksimal .... heheheh maap yaaa hubby ....

Bulan September 2009 pertengahan bulan aku ke singapore. Super sibuk ... kesana kesini ... saat itu udah sama sekali ga kepikiran buat mikir hamil apa engga. Gak ada tanda2 juga .. ga muntah gak pusing .... aku sama hubby malah sempet2nya maen ke Sentosa Island maen mobil2an ... gila2an ber dua disana kaya lagi honeymoon ....
Ada 1 hari aku cek up sama dokter di Singapore yg katanya cukup bagus ...waktu dia cek ternyata betul katanya aku itu PCO ... tp dia bilang gak perlu kuatir. Pasien PCO bisa hamil kok asal makan obat sama jangan stress .... dok ini agak nyentrik. Selain cek trans V dia juga sempet masukin jari nya ke dalam ms V, dia bilang dia mau cek kedalaman saluran vagina ke rahim. Sempet kaget sih soalnya ga bilang and ga ijin dulu kalo dia mau masukin jari. Pas dia cek katanya smua baik2 ... ga ada apa2 cuman dia bilang waktu di usg katanya aku bentar lagi mau mens ... banyak darah di rahim. Memang iya sih ... udah deket tanggal mens ... 
Dok itu bilang (kasi nasehat ceritanya) katanya .... kalian itu pasangan muda, dan kalian pasti hamil, yang penting kalian itu jangan berpikiran kalo ML untuk punya anak ... nikmati aja .... (well i said to my husband, it's easy to said but not to be done as we really want to have it) hehehehe kan tujuan kita ML saat ini memang untuk punya anak ....
Setelah periksa ... aku ke wc aku perhatiin kok ada darah coklat2 di panty ... yaa aku pikir mungkin emang bener kata dok, aku mau mens ...... ya udah pasrah ......  dok di sgp kasi aku obat folic acid aja yg dimakan 3 kali sehari.

Sampe indo ....  seminggu setelah pulang dr sgp anehnya aku belom mens juga ... dah telat ampir 10 hari .. yg keluar cuman darah  coklat2 sedikit2 ato kadang darah seger, tapi ga mens. Kuatir ... aku curhat sama temen ... temen bilang coba buat tespek ... 
Besok subuh2 nya aku tes ... OMG!!! POSITIF!!! Saat itu bukan rasa bahagia yg aku rasain tapi rasa takut dan bingung .. soalnya kan selama 1 minggu lebih aku pendarahan dong itu artinya ... bangunin hubby dia cuman udah ga usah kuatir, besok kita periksa ke dok ya ... gitu dia bilang.

Paginya aku bilang ke mama .. mama suru aku bedrest aja dulu di rumah ga usah ikut ke toko. Siangnya (padahal aku ga cape2 di kamar) aku keluar darah seger cukup banyak (mungkin pikiran berpengaruh besar karena aku mikir aku pasti ada masalah), aku telfon cici (kakak perempuan) trus di bawa ke rumah sakit ... dok bilang aku hamil dengan kemungkinan 20% bertahan dan 80% gagal (kuret). Kantung bayinya udah ada kata dok .. tapi isi rahim aku semua darah. Jadi dok bilang entah kantong itu bisa kuat ato engga ... dok cuman suru aku bed rest di rumah, kalo nanti tiba2 sakit perut itu artinya aku keguguran dan aku harus ke RS buat di bersihin ... aduh tuhan .. aku bingung setegah mati ... apa yg aku kuatirin bener aja terjadi .. aku hamil dan bermasalah!!!!! 
Ternyata ... dokter pun hanya seorang manusia .. dia bukan tuhan, dok di sgp saat itu bilang aku mau mens padahal ternyata saat itu aku sudah hamil ... secanggih apapun sepintar apapun ... dokter ya tetap manusia .... kuasa Tuhan lebih besar .....

Setelah berunding dengan kel ... akhirnya mereka memutuskan aku untuk bed rest di RS aja, dengan alesan kalo ada apa2 bisa langsung di tangani langsung sama dok, juga bisa di kontrol terus disana sama suster2 nya. Benar2 pengalaman yg luar biasa bed rest di RS sampe hampir 2 bulan. Kenal sama smua suster ... sampe tukang bersih2nya juga kenal ... ^^ 
selama bed rest cuman nnt tv ... makan .... tidur ... ga mandi2 juga. Selama bed rest pula aku masi pendarahan sedikit2 ... 
Waktu pertama kali bed rest di RS, aku udah prepare for the worst ...yaitu aku gagal dan harus di kuret. Tapi saat itu dok ga sembarangan maen kuret ... dia bilang dilihat hasil darah .. kalo hasilnya ga bagus ya udah dikuret ... tapi hari ke hari hasil darahnya malah bagus terus ... sampe janin udah membentuk .. feel amazed dari 1 titik kecil bisa sampe jadi sebuah embrio berbentuk manusia kecil ....

Singkat cerita di bulan Desember ... setelah beberapa bulan bed rest di RS dan di rumah ... satu malam aku pendarahan hebat .... gak ada rasa sakit sama sekali tapi darah terus mengalir ... sampe di RS, dok bilang placenta ku lepas dengan sebab gak jelas (karena aca dan hasil lab yg lain semuanya bagus). Ya saat itu juga di usia kandungan minggu ke 13, aku harus kehilangan janin ku .....  ga perlu aku ceritain gimana perasaan ku .... kalian pasti tau .... hmmmmm butuh waktu yg cukup lama buat aku untuk stop menagis dan berdiri tegak lagi ...
Suatu pengalaman hidup yg gak akan pernah terlupakan ....

MANUSIA BISA BERENCANA ... TAPI TUHAN YANG MENENTUKAN ..........













Tidak ada komentar:

Posting Komentar